Rabu, 20 April 2011

Klausul 8.2.1 dan 8.2.3

Q:
Yth. Bu Amalia mhn dengan hormat penjelasan secara konkrit mengenai metode pengukuran yang tepat terkait pasal 8.2.1  dan 8.2.3 Trim Suwardi

A:
8.2.1 Kepuasan Pelanggan
walaupun berjudul kepuasan pelanggan, isi klausul terkait adalah, organisasi harus menetapkan metode yang sesuai untuk mendapatkan informasi terkait persepsi pelanggan.
panduan mengenai proses penanganan keluhan pelanggan ISO 10002.
penentuan metode yang tepat didasarkan pada tipe pelanggan, segmentasi pelanggan, dan tipe informasi yang ingin diperoleh dari pengelompokan pelanggan tersebut.
populasi pelanggan akan menentukan metode yang tepat, sebagai contoh, jika ribuan dapat menggunakan metode kuesioner, metode meeting atau wawancara langsung dapat diterapkan untuk pelanggan utama (misal DUDI), dsb.

8.2.3 Pemantauan dan Pengukuran Proses
persyaratan ini berkaitan dengan upaya organisasi  untuk memastikan tercapainya sasaran yang dikehendaki (sasaran mutu, rencana strategis, tujuan organisasi). Metode yang sesuai ditentukan berdasarkan pola pencapaian sasaran2 tersebut.
Jika pencapaian sasaran tersebut adalah akhir tahun, target/sasaran akhir tahun tersebut dapat di cascade/dibagi menjadi pencapaian bulanan/triwulanan, sehingga dimana bulan tertentu tidak tercapai, dapat dipenuhi di bulan2 berikutnya, selama upaya pemenuhan kekurangan tersebut belum menyentuh batas akhir pencapaian.
Jika pencapaian sasaran tersebut hanya terbagi ke dalam semester (nilai siswa), secara berkala, melalui quiz, ulangan, pemberian tugas mandiri untuk dievaluasi, hasil2nya di plot kedalam grafik pemenuhan nilai kompetensi, hal-hal tersebut merupakan contoh kegiatan 8.2.3.

Tidak ada komentar: