Kamis, 12 Mei 2011

Diskusi tentang Kebijakan Mutu (5.3), Sasaran Mutu (5.4.1) dan Monitoring pencapaian (8.2.3)

amanda MIG: o iya, ngomong2 soal tahun depan, di sini skrg manajemen reviewnya minta tiap bulan :(
amanda MIG: pusing mendadak saya bu
jumatair: Gn caranya Bu
jumatair: Coba didata selama ini meeting2 yg ada
jumatair: Dr yg harian, mingguan, 2mingguan, sebulanan, 3bulanan, semesteran de el el
jumatair: Coba didata atau diidentifikasi agendanya
jumatair: Dr 7agenda yg ada d 5.6.2 ISO 9001 dan 8 agenda d OHSAS 18001, pasti sudah ada yg terjawab
jumatair: Nah selebihnya yg tdk atau belum terbahas, disisipkan d meeting berikutnya
jumatair: Atau khusus, misal, hasil audit
jumatair: Krn poin ini jarang jd materi normal dalam meeting ruitn
jumatair: Rutin
amanda MIG: iya, kmrn saya lihat, paling sarmut sama audit dr customer yang bisa saya masukkan bu
jumatair: Jd jgn jg bikin management review hrs dibahas semua agenda itu
jumatair: Pemenuhan syarat produk?
jumatair: Sarmut nya cover aspek delivery jasa ga? Alias produksinya MIG?
jumatair: Dalam meeting rutin ada rekomendasi improvements?
jumatair: Atau pembahasan komen pelanggan?
amanda MIG: kalo komen pelanggan biasanya kita distribusi survey kepuasan, tp itu 1 taun sekali sih bu biasanya
amanda MIG: kalo rekomendasi improvement bisa sih nanti saya masukkan
amanda MIG: cuma yg bingung, sarmut tidak tercapai itu, preventive actionnya
jumatair: Targetnya akhir taun ya
jumatair: Coba deh, dr sarmut yg ga tercapai
jumatair: Dicek, penyebabnya apa
jumatair: Org? Materi? Cara kerja?
jumatair: Dr situ coba dipikirkan PA nya
jumatair: Atau masalah finansial? Coba aja dicek
amanda MIG: udah ketemu sih bu, cuma saya bingung untuk actionnya spt apa. kaya misalkan, soal penerimaan PO
amanda MIG: sudah ada correctivenya, kita kirim email reminder ke customer
amanda MIG: dari yang setiap bln, menjadi 2 kali sebulan dst
amanda MIG: tp manajemen bilang, itu blm cukup
amanda MIG: kalau sampai direktur saya email ke country managernya customer tetap tidak keluar juga POnya, baru itu sdh mentok
amanda MIG: padahal, dari sisi customer blm bisa buat PO juga dikarenakan mereka blm terima PO dari customernya
amanda MIG: jadi spt mata rantai gt bu
jumatair: Oh kalo sambungan gt sih, kynya stiap sambungan rantainya hrs punya sarmut jg biar sama2 bs kontrol
jumatair: Tp dlm QMS, yg penting usaha2 yg td disbutin Bu Amanda, disimpan sebagai evidence
jumatair: Tmsk progres tiap2 follow up itu
jumatair: Plg ga qt punya data penyebab or posisi mandegnya dmn
jumatair: Dr situ dianalisa (8.4)
jumatair: Untuk ditentukan PA nya untuk ke dpnnya
amanda MIG: iya bu. padahal mandegnya juga di customer, karena mereka jg gak bisa create PO karena sistemnya istilahnya masih terkunci.
jumatair: Ya kalo kondisinya create by sistem, ya berarti posisi argi sarmut d Bu Amanda blm bs jalan argonya
jumatair: Mknya coba dilihat dasar penetapan sarmutnya lg
jumatair: Apakah sudah tepat
amanda MIG: iya, berarti blm bisa ya bu? coba deh nanti saya lihat lagi, kalau ada yang saya bingung, nanti coba saya tanya ke ibu
amanda MIG: tapi untuk beberapa pertanyaan tadi sudah saya dapatkan jawabannya. thanks ya bu niken :)
jumatair: Sip, senang bs bantu, semoga jd makin fasih ya :-bd
amanda MIG has signed back in.
jumatair: Maaf ya blm sempet reply email
jumatair: Mengenai prosentase trng
amanda MIG: iya ga papa ;)
amanda MIG: hi bu
jumatair: Kynya ga bs dihitung 14 dr 18 trning loh
jumatair: Hi jg hehe
jumatair: Kan yg trng IT service itu
jumatair: N ARS ya
jumatair: Tiap bulan ada jadwalnya ya?
jumatair: Klo diambil 14 dr 18, nanti yg jadwal tiap bulan itu ga dijalanin
amanda MIG: iya...tiap bulan ada jadwalnya. itu perulangan jg dihitung ya?
jumatair: Nanti target tercapai tp kebutuhan trng sebenarnya ga terpenuhi?
jumatair: Iya sebaiknya sih
jumatair: Dr kmrn lihat jadwal itu, jd mikir jg klo 75% itu diambil dr mana
jumatair: Gimana kalau targetnya adalah target per org untuk ikut trng
jumatair: Misal per org trngnya 20jam dlm setahun
jumatair: Dr tipe2 trng yg ada dlm daftar tersebut
jumatair: Katakanlah target per org 20jam per tahun
jumatair: Nah pencapaian HRD, 75% dr 20jam untuk tiap2 org
jumatair: Dgn begitu, laporan tiap bulan pasti ada
jumatair: Krn ada trng yg dilakukan tiap bulan itu
jumatair: :>
jumatair: Dan yg wajib trng 20jam itu mungkin bs fokus untuk yg pegawai dl
jumatair: Yg kontrak, trng targetnya lain lagi
jumatair: Gmn?
amanda MIG: bsia sih bu, kayanya targetnya lbh kena tuh
amanda MIG: tapi misalkan spt itu, pencapaian bulanannya gimana ya ngitungnya
jumatair: Penghitungannya bisa ditotal, atau per departemen, bs diplot ke grafik jg
jumatair: Misal
jumatair: Per departemen anggotanya 6org
jumatair: Bearti kewajiban trngnya 6x20jam
jumatair: 120 jam
jumatair: Jd rata2 per bulan, dept. Tersebut hrs ada pelaksanaan trng sekitar 10jam
jumatair: Tgl dilaporkan pencapaian per bulan berjalan
jumatair: Bs dbwh 10 bs diatas 10jam
jumatair: Yg bs dijadikan patokan
jumatair: Kira2 bulan juni, harus sudah terlaksana sedikitnya 60jam
jumatair: Bulan september 90 jam
jumatair: Kalau blm sampai angka 90, bearti HRD harus ngebut pelaksanaa trng di 3bln terakhir
jumatair: Supaya bs tercapai 120jam
jumatair: Atau 75% dr 120 jam itu
jumatair: Di akhir 2011
jumatair: Kalau tahun anggaraannya jan-des